Rabu, 30 Juli 2008

Siapa yang pertama kali membobol iPhone 3G?


San Paulo - Belum genap seminggu diluncurkan, iPhone 3G sudah dikabarkan dibobol. Setelah sebelumnya, sebuah kelompok bernama iPhone Dev Team sesumbar telah membobol sistem operasi iPhone 3G, kini sebuah perusahaan Brazil mengklaim menjadi yang pertama menemukan cara mengoprek smartphone besutan Apple tersebut.

Kabar ini begitu gencar diberitakan. Situs surat kabar Brazil Folha de Sao Paulo dan berbagai situs online lainnya, seperti Digg.com dan Gizmodo.com menyebut sebuah perusahaan yang bernama DesbloqueioBr telah berhasil membobol iPhone dengan mengubah firmware-nya dan menambahkan kartu khusus add-on di chip SIM. Walhasil, pengguna iPhone dapat terhubung ke berbagai operator, tidak hanya dengan satu operator rekanan Apple.

Di negeri Samba ini, iPhone 3G sendiri belum dijual secara resmi. Oleh karena itu, jika warga Brazil ingin membeli iPhone harus pergi ke luar negeri atau memesan via internet.

DesbloqueioBr berencana mematok harga USD 250-375 untuk mengoprek sebuah iPhone 3G. Sedangkan harga sebuah iPhone 3G yang terikat kontrak eksklusif dengan operator rekanan Apple adalah berkisar USD 200.

Namun, ada beberapa kelemahan iPhone 3G oprekan ini. Salah satu rekanan DesbloqueioBr, Breno MacMasi, mengakui bahwa kualitas koneksi smartphone itu dapat berubah. Selain itu, Apple juga dapat memperbaiki bagian yang dibobol dengan meng-update softwarenya. Kendati demikian, MacMasi optimistis akan selalu ada jalan untuk mengoprek iPhone 3G.

Tidak ada komentar: