Minggu, 04 Juli 2010

Aplikasi iPhone: 5 Fitur iOS 4 yang Perlu Dicicipi


Apple telah menyebarkan sistem operasi iOS 4 untuk jajaran gadget andalannya: iPhone, iPad dan iPod Touch. Sistem operasi terbaru ini menjanjikan beberapa perbaikan dibandingkan sistem operasi sebelumnya (iPhone OS 3.1).

Seperti diumumkan Apple dalam sebuah event di April 2010, sistem operasi terbaru untuk iPhone akan memiliki beberapa kemampuan yang tadinya tidak tersedia. Paling sering dibicarakan adalah kemampuannya untuk multitasking.

Berikut adalah 5 fitur terbaru iOS 4:

1. Wallpaper

Seperti iPad, iOS 4 memungkinkan pengguna untuk menetapkan gambar wallpaper untuk Home Screen iPhone. Artinya, icon yang selama ini hanya berada di depan sebuah layar hitam bisa tampil di atas gambar latar sesuai pilihan pengguna.

Untuk melengkapi fitur baru itu, Apple pun menyediakan berbagai wallpaper baru bersama update iOS 4. Kebanyakan gambar baru ini memiliki pola yang 'tak mencolok' seperti bahan celana jeans atau motif geometris.

2. Folder

Fitur baru iOS 4 yang cukup membantu adalah Folder. Hal ini memungkinkan aplikasi iPhone dikelompok-kelompokkan sesuai keinginan pengguna.

Cara menggunakan Folder sama seperti hendak menghapus atau memindahkan App pada iPhone, dengan menyentuh sebuah icon untuk waktu yang agak lama. Kemudian, icon akan tampak bergoyang-goyang dan bisa dipindahkah.

Jika satu icon App dipindahkan menumpuk ke icon App lain, maka ia akan otomatis membentuk sebuah Folder. Pengguna bisa mengubah nama folder dengan mengetikkannya di kotak yang muncul.

3. Multitasking dan Task Manager

Kemampuan multitasking ala iPhone telah dijelaskan Steve Jobs saat mengenalkan sistem operasi iOS 4. Untuk bisa merasakan manfaatnya, pengguna iPhone harus menjalankan aplikasi yang mendukung hal itu.

Namun satu hal yang terasa adalah shortcut untuk menampilkan aplikasi apa saja yang sedang 'aktif' alias baru saja digunakan. Hal ini bisa dilakukan dengan melakukan dua kali tekan pada tombol Home di iPhone.

Aksi itu akan memunculkan sebuah baris berisi icon-icon App yang baru saja dijalankan. Pengguna pun bisa mudah beralih dari satu App ke yang lainnya.

Tak hanya itu, jika icon itu disentuh untuk beberapa lama, akan muncul simbol negatif (-) di sudut icon. Ini bisa digunakan untuk 'mematikan' App yang sedang aktif di latar belakang.

4. Kunci Orientasi dan Kendali Media

Nah, saat melihat aplikasi apa saja yang sedang aktif, pengguna bisa menggeserkan jari dari kiri ke kanan untuk melihat sebuah baris menu baru.

Di situ akan muncul tombol kendali media seperti pada pemutar media digital (Prev, Play dan Next). Di sisi tombol itu adalah icon dari aplikasi yang sedang menjalankan lagu (umumnya iPod).

Hal yang menarik juga adalah icon melingkar di sisi kiri. Ini adalah tombol yang berfungsi mengunci orientasi layar pada modus Portrait (tegak).

5. Perubahan pada Kamera

Perubahan lain yang terjadi pada iPhone dengan iOS 4 adalah pada kameranya. Kini kamera foto pada iPhone bisa melakukan Zoom digital.

Caranya, cukup dengan menyentuh layar saat hendak memotret, kemudian akan muncul Slider untuk mengatur Zoom. Cukup geser jari pada slider, pembesaran gambar pun akan disesuaikan.


Selain lima fitur itu, masih banyak perubahan lain yang dibawa oleh iOS 4. Misalnya, ada perubahan pada aplikasi Mail sehingga memungkinkan adanya Unified Inbox alias satu area untuk melihat pesan dari semua akun email yang ada.

Hal lain yang terasa bagi pengguna di Indonesia, akses iTunes kini bisa dilakukan. Meskipun isi iTunes hanyalah iTunesU dan Podcast dan belum bisa untuk membeli lagu dengan account dari Indonesia(sumber: detikcom)

Tidak ada komentar: