Selasa, 15 Desember 2009

'PC vs Mac' Sabet Jawara Iklan Terbaik Dekade Ini


Masih ingat kampanye iklan 'Get a Mac' yang dikeluarkan oleh Apple? Ternyata iklan sederhana tapi menohok tersebut telah dinobatkan menjadi iklan terbaik untuk dekade Ini.

Surat kabar AdWeek yang berbasis di Amerika lah yang menganugerahi gelar tersebut. Iklan yang menggambarkan PC versus Mac ini disinyalir bertanggung jawab terhadap naiknya popularitas brand Apple selama tahun 2000-an.

Iklan yang dipuji oleh pihak AdWeek sangat jenius dalam hal casting ini menghadirkan Justin Long sebagai pria Mac dan John Hodgman yang menggambarkan sosok Bill Gates sebagai PC. "Bagi Apple, kampanye ini diatur dengan trik yang rapi sehingga membuat brand ini terlihat santai dan cool di saat mereka sebenarnya menohok rivalnya tanpa ampun," ujar Barbara Lipert dari AdWeek, seperti yang dikutip detikINET dari SeattleApi, Rabu (16/12/2009).

Selain mendapat tahta 'Campaign of the Decade', Apple juga memenangkan kategori iklan billboard dengan kampanye siluetnya, kemudian kategori produk tahun ini yang disabet iPod. Brandnya sendiri merebut gelar 'Brand of the Decade' dan sang CEO, Steve Jobs menjadi 'Marketer of the Decade'.

Namun untuk kategori 'Perusahaan Digital Dekade Ini', Apple dikalahkan oleh Google yang juga memenangkan 'Perusahaan Media dalam Dekade Ini'. Sedangkan dalam daftar 'Commercial of the Decade', Microsoft lah yang merajai dengan iklan ciamik untuk Xbox 360 bertajuk Halo 3.

Tidak ada komentar: