Senin, 23 November 2009

Ada (lagi) Virus Iphone!


JAKARTA, KOMPAS.com – Ada kabar buruk bagi pengguna iPhone. Menurut perusahaan sekuriti F-Secure, ada worm baru untuk Iphone yang sedang berkeliaran. Worm yang satu ini lebih berbahaya dibandingkan sebelumnya, dengan payload yang lebih dari sekadar gambar artis era 80-an Rick Astley.

Seperti pendahulunya, worm Ikee, virus hanya mempengaruhi Iphone yang sudah di-jailbroken dan mereka yang tidak mengubah password-nya dari default. Ini berarti mereka yang mengira dirinya lebih teknis dari sesungguhnya.

Untunglah sejauh ini hanya segelintir pengguna yang terkena worm. Namun menurut F-Secure, “ini jauh lebih serius dibandingkan worm pertama Iphone karena yang satu ini mencoba mencuri informasi dari perangkat.” Selain itu, worm baru ini disebutkan memiliki fungsi botnet yang terkoneksi ke perintah berbasis Web dan pusat kendali di Lithuania.

Pakar sekuriti dan blogger di Sophos, Graham Cluley, menambahkan, “Hanya perlu dua minggu untuk worm Rick Astley untuk diadaptasi menjadi sesuatu yang menciptakan botnet kriminal dan (ini) sepertinya dirancang untuk mencuri uang dari pengguna yang tidak sadar. Beberapa orang mungkin mengira bahwa worm Iphone mungkin hanya kejadian satu kali. Mungkin ada yang mengira petir tidak akan menyambar iPhone untuk kedua kalinya, tetapi mereka salah. Satu hal yang pasti – Anda boleh yakin bahwa jika para hacker bisa menemukan cara untuk mendapatkan uang dari Iphone jailbroken yang pengamanannya kurang, mereka akan terus menyerangnya.”

Virus ini telah dijuluki "Duh". Kata inilah yang akan terlontar ketika seorang pemilik Iphone terinfeksi dan tiba-tiba mereka ingat bahwa mereka belum pernah mengubah password di perangkat miliknya.

Tidak ada komentar: