Jumat, 26 Maret 2010

iPhone, BlackBerry, Android: Siapa Paling Rentan Serangan?


Jakarta - Persaingan antar smartphone tentu tidak bisa dilihat hanya dari sisi kecanggihan, desain dan kelengkapan fitur. Sistem keamanan juga memiliki peran penting bagi sebuah ponsel pintar.

Nah, jika dibandingkan antara iPhone, BlackBerry, Android dan Nokia, kira-kira siapa yang dipercaya memiliki sistem keamanan yang paling kuat dan paling rentan dijebol?

Jika menilik dari survei yang digelar nCircle terhadap 257 pakar keamanan, maka iPhone dianggap sebagai smartphone yang paling ringkih sistem keamanannya. Sebab, 57% dari responden percaya bahwa ponsel besutan Apple tersebut memiliki celah keamanan yang paling terbuka ketimbang para pesaingnya.

"Kami belum melihat fitur keamanan iPhone terbaru untuk kelas enterprise dari Apple sejak musim panas 2009 ketika mereka memperkenalkan level enkripsi untuk hardware baru," ujar Andrew Storms, Direktur Operasi Keamanan nCircle, dikutip detikINET dari Cellular News, Jumat (26/3/2010).

Lalu bagaimana dengan smartphone lainnya? Di bawah iPhone, ada Android yang dipilih oleh 39% responden sebagai yang paling rentan serangan. Sementara untuk posisi ketiga dengan dipilih oleh 28% responden ditempati oleh BlackBerry.

Hasil cukup memuaskan diraih oleh Nokia ketimbang para pesaingnya di atas. Ponsel besutan vendor asal Finlandia itu hanya disangsikan oleh 13% responden atas keamanan sistemnya (Sumber:DetikCom)

Tidak ada komentar: